Jumat, 29 April 2011

Batik Lumajang Semakin Giat Berkreasi


Semakin hari batik Lumajang ingin menunjukkan jati dirinya. Salah satu kegiatan yang digagas oleh PKBM Citra Yosowilangun ini mendapat perhatian dari instansi terkait. Seperti pada Festival Batik Lumajang yang lalu, dukungan tersebut datang dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Lumajang.

Melalui kegiatan yang bertajuk “Fasilitas bagi Industri Kecil dan Menengah Terhadap Pemanfaatan Sumber Daya (Pelatihan Peningkatan Mutu Produk Batik)". Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Desa Yosowilangun Lor pada 25-29 April 2011. Pelatihan tersebut membahas berbagai peningkatan mutu produk batik, mulai dari cara menyanting yang baik, pewarnaan, sket motif hingga finalisasi hasil akhir.

Kegiatan tersebut diisi langsung oleh pakar batik dari Balai Besar Batik dan Kerajinan DI Jogjakarta. Kedua pemateri yang hadir, Syamsudin dan Evi, tampak dengan ramah melakukan berbagai praktek terkait batik. Mulai dari teknik membatik, pewarnaan hingga cara untuk membuat warna semakin bagus. Tentunya hal tersebut membuat para peserta semakin antusias untuk mengikutinya.

Setelah teori tentang batik selesai, para peserta langsung mempraktekannya di tempat. Motif dan coraknya pun bervariasi. Tentunya lebih bagus daripada teknik yang mereka  gunakan sebelum mengikuti pelatihan tersebut. Salah satu contohnya adalah para peserta sudah berani melakukan teknik gradasi dalam membatik. Bahkan sudah memulai menggunakan pewarnaan alami yang dibuat dari kulit pohon, daun, kunyit dan bahan-bahan alam yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar...gratis kok! Hehehehe...